ads

Zimbabwe Inflasi !!! Seharusnya Mereka Adopsi Bitcoin, Kata Seorang Bitcoiner

Zimbabwe Inflasi !!! Seharusnya Mereka Adopsi Bitcoin, Kata Seorang Bitcoiner
Zimbabwe Inflasi !!! Seharusnya Mereka Adopsi Bitcoin, Kata Seorang Bitcoiner

Pada hari Rabu (12/7/2023), Thabo P. Ncube, seorang Bitcoiner yang menjadi saksi hiperinflasi Zimbabwe pada tahun 2008, mengemukakan pendapatnya melalui Bitcoinmegazine.com.

Ncube membagikan kisah bahwa mata uang Zimbabwe saat ini sedang mengalami kehancuran sekali lagi. Baru-baru ini, Reserve Bank of Zimbabwe (RBZ), kustodian fiat dan pemberi pinjaman terakhir di negara tersebut, melaporkan angka yang mengkhawatirkan. 

Pada Januari 2023, dolar Zimbabwe lokal (ZWL) diperdagangkan sekitar ZWL$705 per $1, tetapi pada (7/6/2023), setelah pivot bank, harga resminya naik menjadi sekitar ZWL$4.868 per $1. Bahkan, satu hari sebelumnya, kurs pasar gelap dilaporkan mencapai ZWL$7.000 per $1.

Sementara itu, tingkat inflasi bulanan di Zimbabwe mencapai 15,7% pada Mei 2023, dengan perkiraan inflasi tahunan mencapai 75,6%. Profesor Steve Hanke dari Universitas John Hopkins baru-baru ini mencatat tingkat inflasi tahunan Zimbabwe sebesar 1.298%, yang merupakan yang tertinggi di dunia.

Baca Juga : Zebedee: Game Minecraft Penghasil Bitcoin!

Menghadapi situasi yang menyakitkan ini, Ncube menyatakan pandangannya bahwa Zimbabwe seharusnya membuka pintu bagi adopsi Bitcoin. 

Menurutnya, menyimpan nilai uang hasil jerih payah dalam bentuk Bitcoin terbukti menjadi solusi yang layak. Dia meyakini bahwa dengan adanya Bitcoin, orang Zimbabwe dapat melindungi kekayaan mereka dari inflasi yang merajalela dan ketidakstabilan mata uang lokal.

Pernyataan Ncube ini mencerminkan harapan bahwa adopsi Bitcoin dapat memberikan stabilitas ekonomi yang lebih baik bagi Zimbabwe di tengah masa krisis yang mereka alami. [RH]