Seeds Finance Menghadirkan Solusi Investor Milennial Dalam Berinvestasi dan Memperkaya Literasi Keuangan

Seeds Finance Menghadirkan Solusi Investor Milennial Dalam Berinvestasi dan Memperkaya Literasi Keuangan
Seeds Finance Menghadirkan Solusi Investor Milennial Dalam Berinvestasi dan Memperkaya Literasi Keuangan

Jakarta – Saat ini kesadaran generasi muda Indonesia terhadap pentingnya investasi untuk masa depan semakin meningkat. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah investor pasar modal di Indonesia yang berusia di bawah 30 tahun. Bahkan, pada April 2023, kelompok usia muda tersebut mendominasi dengan persentase 58% dari total 10,88 juta investor. Namun, sayangnya, minat generasi Milenial dan Gen Z untuk menjadi investor tidak sejalan dengan pengetahuan atau literasi investasi yang memadai, sehingga banyak yang mengalami kerugian dan tertipu oleh investasi bodong. Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi OJK, Halimatus Sa’diyah, dalam sebuah seminar, menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. “Banyak yang tergiur dan terjerat investasi bodong karena ikut-ikutan dan ingin mendapatkan keuntungan cepat. Mereka juga mudah dipengaruhi,” jelasnya. Lebih mengkhawatirkan lagi, jumlah kerugian yang ditimbulkan tidaklah sedikit, karena selama tahun 2022, investor mengalami kerugian mencapai Rp109,67 triliun akibat investasi bodong.

Berdasarkan fakta yang ada, PT Benih Investasi Teknologi atau yang dikenal dengan nama Seeds Finance, berkomitmen untuk bisa memberikan solusi bagi para investor, terutama dari generasi Milenial dan Gen Z dengan meluncurkan aplikasi Seeds V.01. Aplikasi ini tidak hanya akan menjadi platform terpercaya bagi para investor muda untuk memulai investasi terbaik di Saham Amerika Serikat dan Cryptocurrency, tetapi juga menjadi sumber informasi dan pengetahuan yang penting mengenai dunia investasi.

Baca juga: Reku Jadi Fintech Kripto Pertama dan Satu-satunya yang Kantongi Persetujuan Izin Staking BAPPEBTI, Tawarkan Investasi di Tengah Fluktuasi Pasar Kripto yang Dinamis

Willy Tan selaku Founder Seeds Finance mengatakan, “Seeds adalah platform komunitas investasi nomor satu di Indonesia yang juga menyediakan wadah dan memfasilitasi anak muda belajar investasi tanpa risiko melalui virtual trading. Melalui platform Seeds, pengguna bisa bertemu, belajar dan berbagi pengalaman di dalam satu aplikasi. Fungsinya seperti media sosial membuat para pengguna Seeds dapat melihat portfolio pengguna lain yang mereka ikuti, mereka pun dapat berdiskusi untuk dapat saling belajar langsung dan bertukar informasi terutama dengan berbagai praktisi berpengalaman di dunia investasi.”

Sampai saat ini, Willy Tan mengklaim setidaknya sebanyak 34 ribu user dengan rentang usia 18-25 tahun yang telah bergabung menjadi bagian dari Seeds, kini menjadi investor muda yang lebih kompeten dan cerdas. Pasalnya, bukan hanya menghubungkan setiap pengguna, Seeds juga aktif mengadakan kelas spesial untuk berbagi wawasan dan pengetahuan di setiap minggunya. Sehingga selain belajar, pengguna juga dapat membangun networking dengan komunitas terkait.

Seeds management
Seeds management

Aplikasi Seeds menawarkan tiga fitur utama untuk memperkaya pengalaman penggunanya: Play, Connect, dan Social. Fitur Play memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berkompetisi dalam virtual trading dan berpeluang memenangkan hadiah uang senilai jutaan rupiah. Dalam fitur Connect, pengguna dapat terhubung dengan praktisi keuangan (fin-fluencer), untuk mendapatkan tips, trik, berbagi ide, dan pendapat terkait investasi saham dan cryptocurrency. Dengan fitur Connect, Willy berharap pengguna dapat bergabung dalam berbagai komunitas yang saling mendukung dan membantu dalam mengembangkan kemampuan berinvestasi mereka. Fitur Connect juga dilengkapi dengan fitur Circle di aplikasi Seeds yang memungkinkan pengguna bergabung atau bahkan membentuk komunitas mereka sendiri, di mana mereka dapat berinteraksi langsung dengan pengguna lainnya dan berbagi postingan.

Saat ini, Seeds memiliki pengguna aktif yang tersebar di 119 kota dan memiliki 18 komunitas investasi dengan anggota lebih dari 1.500 orang, mulai dari pelajar hingga mahasiswa. Untuk semakin memperkaya pengalaman pengguna dan komunitas, Seeds menambahkan dengan integrasi social media dalam fitur Social. Fitur Social memungkinkan para pengguna berkomentar langsung mengenai transaksi virtual trading yang mereka lakukan, berbagi portfolio mereka, hingga berdiskusi tentang pilihan saham atau cryptocurrency mereka secara terbuka. Bagi rekan-rekan generasi millennial dan Gen Z yang tertarik bisa mengunduh aplikasi Seeds Finance di Apple App Store dan Google Play Store.

Seeds squad
Seeds squad

“Kami memiliki impian sekaligus solusi untuk membantu generasi Milennial dan Gen Z belajar investasi dengan lebih mudah melalui komunitas yang menyenangkan dan akses ke multi-instrumen/aset dalam satu platform. Menggunakan Seeds sebagai platform untuk berinvestasi sangat aman karena telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO),” tutup Willy Tan.

Penafian : Ini adalah pernyataan resmi (press release). Pembaca diharapkan untuk melakukan penelitian dan evaluasi sendiri sebelum mengambil tindakan terkait dengan perusahaan, afiliasi, atau layanan yang dipromosikan. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kerugian yang mungkin timbul, baik langsung maupun tidak langsung, yang diakibatkan oleh atau terkait dengan penggunaan atau ketergantungan terhadap konten, barang, atau layanan yang disebutkan dalam press release ini.