ads

SEC Gugat Binance dan Pendirinya CZ Atas Tuduhan Mengalihkan Dana Pengguna

SEC Gugat Binance dan Pendirinya CZ Atas Tuduhan Mengalihkan Dana Pengguna
SEC Gugat Binance dan Pendirinya CZ Atas Tuduhan Mengalihkan Dana Pengguna

SEC ajukan 13 tuntutan terhadap Binance, bursa crypto terbesar di dunia, dan pendirinya Changpeng Zhao (CZ). Mereka dituduh mengalihkan dana pengguna senilai miliaran dolar ke perusahaan Eropa yang dikendalikan oleh Zhao. 

Regulator AS menyatakan bahwa Binance bekerja untuk memungkinkan investor AS bernilai tinggi untuk berdagang di bursa internasional yang tidak diatur, dengan tujuan menumbangkan “kontrol mereka sendiri.

” Keluhan tersebut juga menuduh Binance menciptakan Binance.US sebagai perisai untuk melindungi perusahaan utama dan Zhao dari penegakan hukum. 

SEC mengklaim bahwa Binance secara terang-terangan dan diam-diam mengundang pelanggan AS meskipun melanggar undang-undang federal yang melarang penawaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar.

SEC juga menuduh Zhao menggunakan layanan VPN untuk menyembunyikan lokasi pengguna AS dan menghindari kepatuhan peraturan. 

Baca Juga : Wahhh!!! AI Mencoba Menghidupkan Kembali Satoshi Nakamoto

SEC juga menduga Binance menggunakan perusahaan pembuat pasar yang mereka kendalikan untuk menaikkan harga perdagangan dan mendapatkan keuntungan. Para terdakwa diduga terlibat dalam “perdagangan pencucian” untuk menopang harga aset kripto secara artifisial.

Binance telah menyatakan keprihatinan atas tingkat kontrol Zhao dan sedang bekerja sama dengan penyelidikan SEC untuk mencapai penyelesaian.

Bitcoin dkk Mengalami Penurunan

Akibat gugatan yang dilayangkan oleh SEC terhadap Binance, dan pendirinya Changpeng Zhao, nilai Bitcoin mengalami penurunan sekitar 6%, sedangkan Ether kehilangan 5% dalam penurunan pasar yang melibatkan semua 10 cryptocurrency non-stablecoin teratas pada Selasa pagi di Asia.

Token BNB yang dikeluarkan oleh Binance mengalami penurunan terbesar, dengan nilai turun lebih dari 10% dalam 24 jam terakhir.

Sebagai informasi, saat penulisan pada Rabu, 06 Juni, jam 13.54 PM Waktu Indonesia bagian Barat, harga BTC diperdagangkan pada $25,759, ETH pada $1,814, dan BNB pada $276,75 menurut data coinmarketcap.

Sumber : www.cnbc.com