ads

Pesta Bitcoin Dimulai! ETF Disetujui, Harganya Bakal Ngegas ke $50 Ribu?

Bitcoin Cs Siap Diatur OJK Mulai 2025, Investor Waspada atau Girang?
Bitcoin Cs Siap Diatur OJK Mulai 2025, Investor Waspada atau Girang?

Analis memperkirakan bahwa Bitcoin akan naik 30% setelah persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat.

ETF Bitcoin spot adalah produk investasi yang memungkinkan investor untuk membeli dan menjual Bitcoin secara langsung melalui bursa saham. ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada 20 Desember 2023.

Analis dari perusahaan investasi Fundstrat Global Advisors mengatakan bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot akan mendorong masuknya investor institusional ke pasar Bitcoin. 

Investor institusional memiliki lebih banyak modal untuk diinvestasikan daripada investor ritel, sehingga masuknya mereka dapat mendorong harga Bitcoin naik.

“Kami percaya bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot akan menjadi katalis yang kuat untuk pertumbuhan pasar Bitcoin,” kata analis Fundstrat Global Advisors, Leech Capital.

Leech mengatakan bahwa dia memperkirakan Bitcoin akan naik menjadi $50.000 dalam waktu 12 bulan setelah persetujuan ETF. Harga Bitcoin saat ini sekitar $35.000.

Analis dari perusahaan investasi lainnya, VanEck, juga memperkirakan bahwa Bitcoin akan naik setelah persetujuan ETF.

“Kami percaya bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot akan menjadi momen penting dalam sejarah Bitcoin,” kata analis VanEck, Gabor Gurbacs.

Gurbacs mengatakan bahwa dia memperkirakan Bitcoin akan naik menjadi $40.000 dalam waktu enam bulan setelah persetujuan ETF.

Baca Juga : Masa Depan Penyimpan Nilai Digital: Bitcoin Tetap Pilihan Utama, Kata CEO VanEck

Persetujuan ETF Bitcoin spot merupakan peristiwa penting bagi pasar kripto. ETF Bitcoin spot akan membuat Bitcoin lebih mudah diakses oleh investor institusional, yang dapat mendorong pertumbuhan pasar kripto secara keseluruhan.

Harga bitcoin telah melonjak 9% pada Senin (30/11) menjadi US$19.860 atau sekitar Rp281 juta, memecahkan rekor tertinggi sebelumnya. Harga bitcoin telah melonjak lebih dari 175% dalam dua tahun terakhir, dari US$7.187 pada akhir tahun 2019 menjadi US$19.860 pada Senin (30/11). 

Pada Maret 2020, harga bitcoin turun di bawah US$4.000 karena pasar global anjlok akibat pandemi Covid-19. Perusahaan pembayaran Square (SQ) dan PayPal (PYPL) saat ini memungkinkan pelanggan mereka untuk membeli dan menjual bitcoin. [RH]