ads

Perdagangan Crypto Adalah Bagian Penting Ekosistem Aset Virtual

Perdagangan Crypto Adalah Bagian Penting Ekosistem Aset Virtual
Perdagangan Crypto Adalah Bagian Penting Ekosistem Aset Virtual

CEO Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) Hong Kong, Julia Leung Fung-yee, telah membahas penerapan peraturan Web3 Hong Kong setelah kejadian runtuhnya pertukaran crypto FTX pada November 2022. 

Menurut Leung, perdagangan crypto merupakan bagian penting dari virtual ekosistem aset, dan untuk melindungi investor dan mempertimbangkan risiko lembaga keuangan, perizinan baru untuk penyedia aset virtual diperlukan.

Hong Kong telah menggunakan keruntuhan FTX sebagai pelajaran untuk mengurangi risiko peraturan yang terkait dengan pertukaran terpusat. Dalam waktu singkat setelah krisis, Hong Kong memasukkan penyedia layanan aset virtual ke dalam undang-undang yang mengatur lembaga keuangan tradisional. 

Aturan baru ini memberikan pedoman ketat terkait Anti Pencucian Uang dan perlindungan investor bagi bursa aset digital yang ingin beroperasi di Hong Kong. Selain itu, skema lisensi baru juga diperkenalkan, yang memungkinkan investor ritel untuk berpartisipasi dalam perdagangan aset virtual.

Sistem lisensi cryptocurrency Hong Kong merupakan contoh kebijakan “satu negara, dua sistem” China. Sementara cryptocurrency telah dilarang di Cina daratan, Hong Kong mengadopsi pendekatan yang berbeda dengan menciptakan lingkungan yang ramah bagi industri crypto.

Baca Juga : Berapa Lama untuk Menambang Satu Bitcoin?

Dilansir dari Cointelegraph, pemerintah Hong Kong telah mendukung perkembangan Web3 dengan mengalokasikan dana sebesar 50 juta yuan ($7 juta) untuk mempercepat pengembangannya.

Lebih dari 150 perusahaan Web3 telah beroperasi di Cyberport Hong Kong, yang merupakan pusat digital yang didirikan oleh pemerintah setempat untuk mendorong inovasi.

Secara keseluruhan, langkah-langkah yang diambil oleh CEO SFC Hong Kong dan pemerintah setempat menunjukkan komitmen mereka dalam memperkuat regulasi, melindungi investor, dan merangkul inovasi di sektor aset virtual.

Dengan adopsi peraturan yang ketat dan skema lisensi baru, Hong Kong berusaha menciptakan lingkungan yang aman dan terpercaya bagi pertumbuhan industri crypto serta mendukung pengembangan Web3.