ads

Pendapatan Penambangan Bitcoin Turun, Meskipun Tingkat Hash Terbaru

Pendapatan Penambangan Bitcoin Turun, Meskipun Tingkat Hash Terbaru
Pendapatan Penambangan Bitcoin Turun, Meskipun Tingkat Hash Terbaru

Penambangan Bitcoin menghadapi tantangan besar dalam beberapa pekan terakhir. Harga hash, yang mengukur pendapatan per TH/s per hari, mencapai tingkat terendah sejak runtuhnya FTX pada November 2022. 

Meskipun tingkat hash jaringan Bitcoin mencapai rekor tertinggi baru-baru ini, pendapatan penambang merosot tajam.

Pada (18/8/2023), tingkat hash jaringan mencapai 414 exahash per detik (EH/s), menandai lonjakan 54% dari awal tahun 2023 dan 80% dalam setahun terakhir, menurut data dari Blockchain.com. Keamanan jaringan terlihat solid, tetapi penambang menghadapi kesulitan.

Pendapatan per terahash per detik per hari kini hanya sekitar $0,060, setengah dari pendapatan pada awal Mei ketika permintaan besar terjadi karena kegilaan prasasti Bitcoin Ordinals. 

Para analis pasar seperti Dylan LeClair mengatakan bahwa penurunan ini mungkin akan mendorong produksi rig baru yang lebih efisien.

“sudah hampir waktunya untuk harga melampaui,” ujar LeClair kepada Cointelegraph.

Para penambang Bitcoin kini harus berjuang untuk menjaga profitabilitas mereka, sementara industri terus berinovasi untuk menghadapi tantangan yang ada. 

Dengan pendapatan mereka turun hingga mencapai level terendah sejak November 2022, para penambang mungkin harus mencari cara baru untuk mengoptimalkan proses penambangan mereka atau mencari alternatif lain dalam industri kripto yang terus berubah dan penuh dengan dinamika yang kompleks.

Baca Juga : Polisi Hong Kong Berhasil Menggagalkan Operasi Pencucian Uang Triad senilai $65 Juta

Ketidakpastian dalam pendapatan penambangan Bitcoin memicu pertanyaan tentang masa depan industri ini. Sebagian besar penambang tetap berharap bahwa dengan adanya inovasi teknologi yang terus berlanjut dan penyesuaian strategi, mereka dapat mengatasi tantangan ini. 

Sementara itu, para investor dan pemangku kepentingan terus memantau perubahan di pasar kripto yang berfluktuasi, berharap untuk memahami bagaimana penambangan Bitcoin akan berkembang di masa mendatang dan bagaimana dampaknya pada ekosistem ini secara keseluruhan. [RH]