ads

Mengenal “Sleepdrop” Sebuah Modus Penipuan Kripto Baru

Mengenal "Sleepdrop" Sebuah Modus Penipuan Kripto Baru
Mengenal “Sleepdrop” Sebuah Modus Penipuan Kripto Baru

Di dunia cryptocurrency, jenis penipuan baru yang disebut “Sleepdrop” baru-baru ini muncul, menargetkan pengguna yang tidak menaruh curiga dan menyebabkan kerugian yang signifikan.

Jaringan Forta, solusi keamanan Web3 terkemuka, telah mengidentifikasi dan membunyikan alarm tentang penipuan ini, menyoroti taktik penipuan dan potensi risikonya.

Penipuan Sleepdrop beroperasi dengan meniru token asli, terutama berfokus pada token ERC-20 seperti yang berasal dari Uniswap, Chainlink, Lido, dan Circle. Scammers mengirimkan token palsu ke individu, menciptakan ilusi bahwa token ini berasal langsung dari kontrak yang sah. 

Pengguna yang tidak curiga, memercayai tampilan keasliannya, tanpa sadar menautkan dompet mereka ke situs web yang menipu dan mengesahkan transaksi yang tampaknya terhubung ke aplikasi terdesentralisasi (Dapps). Namun, transaksi ini memulai transfer ETH kecil sambil membuka jalan bagi langkah penipu selanjutnya.

Setelah terhubung, scammer melakukan serangan “ice phishing”, menipu korban untuk menukar token palsu yang baru mereka terima dengan yang asli dan sah. Hasilnya adalah pencurian ETH secara diam-diam dari dompet korban melalui smart contract.

Forta Network telah memainkan peran penting dalam mengungkap dan mengatasi penipuan ini. Sebagai solusi keamanan Web3, Forta mengoperasikan jaringan deteksi real-time yang menganalisis aktivitas blockchain. 

Baca Juga : Kesulitan Penambangan Bitcoin Mencapai ATH Baru 

Jaringan operator node independennya yang terdesentralisasi dengan rajin memindai transaksi dan memblokir potensi ancaman. Menanggapi penipuan Sleepdrop, Forta telah mengambil tindakan proaktif, menyusun database alamat Sleepdropper dan URL penipuan.

Selain itu, mereka telah mengumumkan program hadiah untuk mendorong deteksi aktivitas Sleepdropping, dengan hadiah yang diberikan dalam token FORT asli mereka.

Munculnya Sleepdrop hanyalah salah satu contoh lanskap penipuan crypto yang terus berkembang. Namun, meskipun ancaman meningkat, sebagian besar pengguna cryptocurrency dapat mempertahankan tingkat keamanan yang wajar. 

Dengan tetap waspada, memverifikasi keaslian token dan kontrak, dan mengandalkan solusi keamanan tepercaya seperti Forta, pengguna dapat melindungi diri dari menjadi korban penipuan semacam itu.

Karena ekosistem cryptocurrency terus berkembang, penting bagi pengguna untuk meningkatkan pemahaman mereka sendiri, menerapkan metode terbaik, dan mempercayai sumber informasi serta keamanan yang memiliki reputasi baik.

sumber : cryptomode.com