ads

Manajer Investasi Berharap SEC Akan Menyetujui ETF Bitcoin dalam Waktu Singkat

Manajer Investasi Berharap SEC Akan Menyetujui ETF Bitcoin dalam Waktu Singkat
Manajer Investasi Berharap SEC Akan Menyetujui ETF Bitcoin dalam Waktu Singkat

Seorang mantan kepala Strategi Produk Ekuitas Internasional di Barclays Global Investors, Steven Schoenfeld, telah menyuarakan harapannya bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan segera menyetujui aplikasi untuk dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF). 

Dalam diskusi panel di Ccdata Digital Asset Summit, Schoenfeld yang memiliki pengalaman selama 36 tahun di industri manajemen investasi mengungkapkan keyakinannya bahwa persetujuan ini mungkin terjadi dalam waktu tiga hingga enam bulan, dilansir dari Bitcoin.com.

Menurut Schoenfeld, “Potensi AUM (Ases Under Management) dapat melipatgandakan jumlah AUM produk Bitcoin saat ini.” Hal ini bisa berarti masuknya antara $150 miliar hingga $200 miliar dalam produk investasi ini.

Meskipun sebelumnya diperkirakan butuh waktu lebih lama, Schoenfeld menekankan bahwa saat ini, kemungkinan SEC akan memberikan persetujuan dalam waktu yang lebih singkat. Dia juga mencatat bahwa SEC telah meminta komentar terkait aplikasi ETF Bitcoin, menandakan perbaikan kecil namun signifikan dalam dialog.

Selain itu, ada perkembangan penting lainnya, yakni gugatan Grayscale yang tidak berhasil terhadap SEC. Hal ini bisa berarti Grayscale GBTC kemungkinan besar akan diizinkan untuk berubah menjadi ETF.

Menurut Schoenfeld, “Ukuran pasar institusional, pasar penasihat keuangan, dan investor ritel mandiri di AS sangat besar, dan untuk memiliki produk yang dapat diakses oleh mereka akan menghasilkan aliran masuk dana yang signifikan.”

Dia memperkirakan bahwa jika ETF Bitcoin dan potensial ETF Ethereum disetujui, aliran masuk dana dapat mencapai $150 miliar hingga $200 miliar dalam tiga hingga empat tahun. Ini akan menjadi perkembangan yang sangat signifikan dalam pasar kripto.

Baca Juga : Singapura Beri Lisensi Penuh ke Ripple untuk Layanan Kripto

Schoenfeld tidak sendirian dalam harapannya, karena beberapa analis dan bahkan JPMorgan juga mengharapkan bahwa SEC akan menyetujui beberapa ETF Bitcoin secara bersamaan. Para anggota Kongres juga telah mendesak SEC untuk segera menyetujui ETF Bitcoin, dengan alasan bahwa tidak ada alasan untuk menolaknya. 

Beberapa bahkan memperkirakan persetujuan ETF Bitcoin pertama dapat terjadi pada pertengahan Maret tahun depan. Mantan Ketua SEC Jay Clayton juga telah menyatakan bahwa persetujuan ETF Bitcoin hampir tidak bisa dihindari, terutama dengan permintaan yang kuat dari investor institusional.

Perkembangan ini menunjukkan bahwa dunia kripto semakin mendekati integrasi dengan pasar tradisional, dan potensi aliran masuk dana yang besar akan membawa dampak signifikan pada nilai Bitcoin dan Ethereum serta pasar kripto secara keseluruhan.