ads

Kritikan Pendiri Wikipedia terhadap Bitcoin, Menimbulkan Perdebatan

Kritikan Pendiri Wikipedia terhadap Bitcoin, Menimbulkan Perdebatan
Kritikan Pendiri Wikipedia terhadap Bitcoin, Menimbulkan Perdebatan

Co-founder Wikipedia, Jimmy Wales, mengeluarkan pendapatnya di X (dulu Twitter) pada tanggal 11 Desember dengan mengkritik Bitcoin, bangga bahwa banyak pengguna yang kehilangan Bitcoin karena lupa kata sandi dompet mereka, sedangkan dia sendiri tidak pernah kehilangan uang akibat lupa kata sandi banknya.

Komentar Wales tidak disambut baik oleh komunitas Bitcoin dan kripto secara luas, yang kemudian membalas kritik dari co-founder Wikipedia terkait ketergantungannya pada sumbangan untuk menjalankan operasional sehari-hari.

Dalam kiriman di X-nya, Wales dengan sinis mengaku bahwa dia lupa kata sandi untuk akun banknya dan kehilangan seluruh uangnya, hanya untuk kemudian mengejek komunitas BTC dengan menambahkan, “Tidak, sebenarnya, itu tidak terjadi karena bank bekerja dan Bitcoin tidak.”

Komunitas Bitcoin menghujat co-founder Wikipedia karena memberikan kritik tanpa data terhadap BTC. Mereka mengingatkan Wales bahwa meskipun bank mungkin bekerja, bank tidak cocok untuk semua orang, dan banyak orang di seluruh dunia tidak memiliki akses ke layanan perbankan.

Alex Gladstein, chief strategy officer di Human Rights Foundation, mengatakan kepada Wales bahwa bank bekerja cukup baik di negara-negara dengan aturan hukum dan mata uang yang kuat. Dia menambahkan bahwa hanya sekitar satu miliar orang dari populasi dunia yang mencapai delapan miliar memiliki akses ke layanan perbankan.

Lyn Alden, pendiri Lyn Alden Investment Strategy, mengatakan bahwa bahkan mereka yang memiliki rekening bank tidak aman setiap saat, dengan menyebut contoh seorang dokter di Lebanon yang kehilangan 95% tabungannya karena hiperinflasi.

Para pendukung Bitcoin seperti Samson Mow menyerang balik dan mengingatkan co-founder Wikipedia tentang kesulitan perusahaannya, yang bergantung pada sumbangan untuk kelangsungan hidupnya.

Baca Juga : Luncurkan Aplikasi, Robinhood Tawarkan Hadiah Bitcoin untuk Pelanggan UE

Mow mengatakan jika Wikipedia hanya “membeli Bitcoin beberapa tahun yang lalu seperti yang saya sarankan, Anda tidak perlu meminta sumbangan setiap tahun selamanya.”

Beberapa orang lain menyoroti sentralisasi sistem perbankan, mengulangi bahwa itu tidak bekerja untuk semua orang. [RH]