ads

Korelasi Bitcoin dengan Aset Tradisional Turun Drastis

Korelasi Bitcoin dengan Aset Tradisional Turun Drastis
Korelasi Bitcoin dengan Aset Tradisional Turun Drastis

Data analisis terbaru menunjukkan tren penurunan korelasi antara Bitcoin (BTC) dengan indeks dolar AS (USD) serta indeks pasar saham terkemuka seperti S&P 500 dan Nasdaq 100. Perubahan signifikan dalam korelasi ini menjadi topik pembicaraan utama dalam dunia keuangan dan investasi.

Dalam sebuah posting terbaru yang dibagikan di platform intelijen pasar IntoTheBlock, tercatat bahwa korelasi BTC dengan aset-aset tradisional telah turun ke tingkat yang sangat rendah. 

Fokus utama dalam analisis ini adalah pada “koefisien korelasi”, yaitu metrik yang digunakan untuk mengukur tingkat ketergantungan linier antara harga atau nilai dua komoditas atau aset tertentu.

Ketika koefisien korelasi berada di atas nol, ini menandakan bahwa saat ini aset-aset tersebut bergerak dalam arah yang sama. Semakin mendekati angka 1, semakin kuat korelasinya, menunjukkan adanya kesamaan signifikan antara kedua tren harga tersebut. 

Ini berarti jika Bitcoin mengalami kenaikan, maka indeks dolar AS atau indeks pasar saham akan cenderung mengikuti arah yang sama, dan sebaliknya.

Di sisi lain, jika koefisien korelasi negatif, itu mengindikasikan bahwa ada korelasi antara komoditas atau aset tersebut, tetapi arahnya berlawanan. 

Artinya, jika satu aset menguat, yang lainnya cenderung melemah. Semakin mendekati angka -1, semakin kuat keterkaitannya. Ini berarti bahwa ketika Bitcoin naik, indeks dolar AS atau indeks pasar saham akan turun, dan sebaliknya.

Namun, jika koefisien korelasi mendekati nol, ini menunjukkan bahwa tidak ada atau hanya ada sedikit korelasi antara dua aset tersebut. Ini berarti pergerakan harga Bitcoin tidak terlalu memengaruhi pergerakan indeks dolar AS atau indeks pasar saham. 

Baca Juga : Otoritas Venezuela Menemukan Penambangan Bitcoin di Penjara

Dalam konteks ini, IntoTheBlock menyajikan sebuah tabel yang menggambarkan koefisien korelasi antara dua mata uang kripto terkemuka, yaitu Bitcoin dan Ethereum, dengan berbagai indeks pada saat ini.

Sebuah penurunan korelasi yang signifikan seperti ini dapat memiliki implikasi besar bagi investor dan pelaku pasar. Ketika Bitcoin dan aset-aset tradisional tidak lagi berkorelasi secara kuat, ini berarti bahwa Bitcoin mungkin menjadi alat diversifikasi yang lebih efektif dalam portofolio investasi. 

Para investor harus mengawasi dengan cermat perkembangan ini untuk membuat keputusan investasi yang lebih cerdas. [RH]