ads

ETF Spot Bitcoin Tidak Cukup Untuk Melindungi Sistem Keuangan

ETF Spot Bitcoin Tidak Cukup Untuk Melindungi Sistem Keuangan
ETF Spot Bitcoin Tidak Cukup Untuk Melindungi Sistem Keuangan

David Waugh, seorang pengembang bisnis dan komunikasi dari Coinbits, memberikan pandangannya kepada Bitcoinmegazine.com pada tanggal (15/7/2023) mengenai ETF Spot Bitcoin dan pandangan bahwa itu tidak cukup untuk melindungi sistem keuangan.

Beberapa minggu lalu, BlackRock dan perusahaan keuangan besar lainnya mengajukan izin untuk meluncurkan Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot di pasar. 

Meskipun SEC menyatakan bahwa pengajuan awal ini tidak memadai dan memerlukan pengajuan ulang, banyak investor percaya bahwa pada akhirnya SEC akan menyetujuinya, sehingga menciptakan produk ETF Bitcoin pertama di pasar.

ETF Spot Bitcoin ini dianggap penting karena memungkinkan investor institusional dan ritel untuk mendapatkan paparan harga Bitcoin tanpa harus membeli Bitcoin secara langsung. 

Baca Juga : Mengenal ETF Bitcoin dan Dampaknya Terhadap Pasar Aset Kripto

Ini dianggap sebagai kemenangan besar dalam adopsi Bitcoin, karena penasihat keuangan yang sebelumnya ragu atau tidak dapat memasuki pasar ini, kini dapat membantu klien mereka dengan alokasi Bitcoin.

Melihat perkembangan ini, bank dan pelaku keuangan tradisional juga berencana menggunakan ETF spot untuk meningkatkan eksposur mereka terhadap Bitcoin, yang dapat berdampak pada kenaikan nilai tukar Bitcoin terhadap dolar.

Namun, dalam konteks ini, produk Bitcoin melalui ETF spot kehilangan aspek desentralisasi. ETF Spot Bitcoin akan tetap terikat pada sistem keuangan konvensional. 

Meskipun ada beberapa manfaat kecil, namun pada akhirnya ini membatasi kemampuan Bitcoin sebagai perisai terhadap risiko yang melekat pada sistem keuangan tradisional. [RH]