ads

ETF Bitcoin Spot Dapat Memberikan ‘Tekanan Besar pada Harga Bitcoin’

ETF Bitcoin Spot Dapat Memberikan 'Tekanan Besar pada Harga Bitcoin'
ETF Bitcoin Spot Dapat Memberikan ‘Tekanan Besar pada Harga Bitcoin’

Analis JPMorgan, Nikolaos Panigirtzoglou, telah meramalkan implikasi yang mungkin terjadi terhadap harga Bitcoin setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui perdagangan dana Bitcoin (ETF) dalam postingannya di platform LinkedIn pada hari Jumat.

Menurut Nikolaos, jika sebagian besar dari dana besar sebesar $2,7 miliar ini beralih ke instrumen Bitcoin lainnya, seperti ETF Bitcoin spot yang baru dibuat setelah persetujuan SEC—sebuah perkiraan yang berasal dari JP Morgan—dampak negatifnya terhadap pasar akan lebih terkendali.

Namun demikian, dari perspektif JP Morgan, risiko terhadap nilai Bitcoin cenderung bergerak ke arah penurunan karena sejumlah besar dana $2,7 miliar itu kemungkinan besar akan sepenuhnya keluar dari ekosistem Bitcoin.

Dalam konteks dampaknya pada pasar, bila seluruh jumlah dana sebesar $2,7 miliar itu benar-benar keluar dari ekosistem Bitcoin, aliran keluar tersebut akan dengan pasti memberikan tekanan besar pada harga Bitcoin.

Perkiraan dari Nikolaos juga mengungkapkan bahwa sebagian besar dari dana tersebut mungkin akan mengalir ke instrumen Bitcoin alternatif setelah persetujuan SEC untuk ETF Bitcoin, yang diyakini akan membantu mengurangi dampak negatif yang mungkin timbul pada harga Bitcoin.

“Jika dana sebesar $2,7 miliar keluar sepenuhnya dari ruang bitcoin, maka aliran keluar tersebut tentu akan memberikan tekanan turun yang cukup besar pada harga bitcoin,” ujar Nikolaos.

Meskipun demikian, analisis dari JP Morgan menegaskan bahwa meskipun aliran dana ini menuju instrumen alternatif, risiko terhadap harga Bitcoin tetap cenderung ke arah penurunan karena potensi keluarnya dana sebesar $2,7 miliar dari ruang lingkup Bitcoin.

Baca Juga : Analisis Kripto: Prediksi Lonjakan Harga Bitcoin Menuju 6 Digit

Penyusutan nilai Bitcoin menjadi fokus perhatian utama dalam konteks ini karena adanya kemungkinan besar bahwa jika seluruh dana sejumlah tersebut benar-benar keluar, tekanan terhadap harga Bitcoin akan semakin meningkat.

Nikolaos menyoroti bahwa meskipun ada pergeseran sebagian dana ke instrumen Bitcoin lainnya, dampak signifikan akan terasa pada ekosistem Bitcoin jika jumlah sebesar $2,7 miliar itu secara keseluruhan meninggalkan pasar Bitcoin. [RH]