ads

Energi Bersih Bitcoin Menguat, Apakah Tesla Siap Terima Pembayaran Bitcoin?

Energi Bersih Bitcoin Menguat, Apakah Tesla Siap Terima Pembayaran Bitcoin?
Energi Bersih Bitcoin Menguat, Apakah Tesla Siap Terima Pembayaran Bitcoin?

Pada tahun 2021, Elon Musk memberikan pernyataan mengejutkan bahwa Tesla akan mulai menerima pembayaran menggunakan Bitcoin asalkan penambangannya menggunakan sumber energi bersih sebanyak 50%. 

Saat ini, ada kabar baik karena persyaratan ini telah terpenuhi, membawa harapan baru bagi industri cryptocurrency.

Pada tanggal 14 September, Jamie Coutts, seorang analis dari Bloomberg, melaporkan bahwa lebih dari 50% energi yang digunakan dalam proses pertambangan Bitcoin berasal dari sumber energi terbarukan. 

Ini merupakan pencapaian yang signifikan, yang didorong oleh penurunan emisi dan peningkatan dramatis dalam tingkat hash yang digunakan dalam proses penambangan.

Coutts menjelaskan bahwa dorongan besar terhadap energi terbarukan ini sebagian besar disebabkan oleh perpindahan penambang Bitcoin dari Tiongkok setelah negara tersebut melarang kegiatan penambangan pada tahun 2021. 

Selain itu, beberapa negara telah mulai beralih ke penambangan Bitcoin sebagai cara untuk menghasilkan uang dari sumber energi yang sebelumnya terbuang.

Baca Juga : Bitcoin Melonjak di Tengah Kekhawatiran Inflasi dan Suku Bunga

Beberapa negara yang telah berinvestasi dalam penambangan Bitcoin meliputi El Salvador, yang telah mengakui cryptocurrency sebagai alat pembayaran sah sejak tahun 2021, serta Bhutan, Oman, dan Uni Emirat Arab. 

Pencapaian ambisius ini, dengan 50% energi bersih, juga menandakan langkah besar menuju penerapan energi terbarukan oleh salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Sebelumnya, Elon Musk, CEO Tesla dan pendiri SpaceX, mengumumkan pada bulan Mei 2021 bahwa Tesla akan menghentikan penerimaan pembayaran dengan Bitcoin. 

Keputusan ini diambil karena keprihatinan atas peningkatan penggunaan bahan bakar fosil dalam proses penambangan dan transaksi Bitcoin pada saat itu. Dengan capaian baru ini, mungkin saja akan ada perubahan dalam pandangan tersebut. [RH]