ads

Dominasi Bitcoin Menurun, Altcoin Siap Menggugat?

Dominasi Bitcoin Menurun, Altcoin Siap Menggugat?
Dominasi Bitcoin Menurun, Altcoin Siap Menggugat?

Dominasi Bitcoin, yang mengukur pangsa pasar Bitcoin dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya, telah menurun secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Pada 20 Desember 2023, dominasi Bitcoin berada di level 53,8%, yang merupakan level terendah sejak April 2022.

Grafik harga harian Bitcoin (BTC) dengan berbagai garis EMA

Penurunan dominasi Bitcoin telah memicu spekulasi bahwa musim altcoin mungkin akan segera dimulai. Musim altcoin adalah periode di mana cryptocurrency alternatif, seperti Ethereum, Solana, dan Cardano, mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Ada beberapa faktor yang dapat berkontribusi pada penurunan dominasi Bitcoin. Salah satu faktornya adalah meningkatnya minat terhadap altcoin. 

Hal ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk meningkatnya adopsi altcoin oleh perusahaan dan organisasi, serta kemajuan teknologi blockchain yang mendasari altcoin. Faktor lain yang berkontribusi pada penurunan dominasi Bitcoin adalah persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat. 

ETF Bitcoin spot adalah produk investasi yang memungkinkan investor untuk membeli dan menjual Bitcoin secara langsung melalui bursa saham. Persetujuan ETF Bitcoin spot diyakini akan mendorong masuknya investor institusional ke pasar Bitcoin.

Masuknya investor institusional ke pasar Bitcoin dapat menyebabkan distribusi yang lebih merata dari aset di pasar cryptocurrency. Hal ini dapat menyebabkan penurunan dominasi Bitcoin dan peningkatan minat terhadap altcoin.

Baca Juga : Pesta Bitcoin Dimulai! ETF Disetujui, Harganya Bakal Ngegas ke $50 Ribu?

Namun, penting untuk dicatat bahwa penurunan dominasi Bitcoin tidak selalu merupakan indikator musim altcoin. Dominasi Bitcoin dapat menurun karena berbagai faktor, termasuk volatilitas pasar yang tinggi.

Analisis teknis menunjukkan bahwa Bitcoin masih berada dalam tren bullish. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, termasuk meningkatnya minat dari investor ritel dan institusional, serta kemajuan teknologi blockchain.

Jika tren bullish Bitcoin berlanjut, maka penurunan dominasi Bitcoin kemungkinan akan bersifat sementara. Namun, jika tren bullish Bitcoin terhenti, maka penurunan dominasi Bitcoin dapat menjadi sinyal dari musim altcoin. [RH]