ads

Bursa Berjangka Tetap Menjadi Pemain Kripto Terbaik Meski ETF Bitcoin Hadir

Bursa Berjangka Tetap Menjadi Pemain Kripto Terbaik Meski ETF Bitcoin Hadir
Bursa Berjangka Tetap Menjadi Pemain Kripto Terbaik Meski ETF Bitcoin Hadir

Bursa Berjangka Chicago Mercantile Exchange (CME) telah lama menjadi tempat bagi investor keuangan tradisional dalam dunia kripto, dan hal ini kemungkinan besar tidak akan berubah — bahkan dengan adanya persetujuan untuk Bitcoin spot ETF.

Aktivitas di CME telah berkembang secara signifikan dalam 12 bulan terakhir. CME kini melihat lebih banyak perdagangan Bitcoin futures dibandingkan bursa kripto terbesar di dunia, Binance.

Minat terbuka untuk BTC di CME sekarang mencakup 24,7% dari keseluruhan pasar, menjadikannya tempat perdagangan Bitcoin futures teratas di dunia.

Meskipun sebagian dari aktivitas ini hampir pasti terkait dengan antisipasi persetujuan untuk spot ETF, peluncuran satu atau lebih ETF tidak akan mengurangi aktivitas di pasar futures.

Faktanya, perdagangan futures kemungkinan akan berkembang daripada menurun saat SEC akhirnya memberikan lampu hijau kepada BlackRock dkk.

Tidak diragukan lagi bahwa spot ETF akan membawa aliran dana institusional besar ke dalam sektor ini. Namun, hal itu tidak akan mengubah dasar-dasar likuiditas Bitcoin.

Seperti yang kita ketahui, pasokan Bitcoin terbatas pada 21 juta. Itu artinya pasar futures adalah satu-satunya tempat di mana aksi perdagangan nyata dapat terjadi.

CME telah berhasil digunakan oleh Goldman Sachs, Morgan Stanley, JP Morgan, dan lainnya untuk melakukan perdagangan instrumen kripto selama bertahun-tahun, dan mereka telah menggunakan futures untuk melakukannya.

Baca Juga : Robert Kiyosaki Merekomendasikan Investasi ke Bitcoin Sebelum Terlambat

Futures tetap menjadi instrumen pilihan karena likuiditas merupakan isu utama di pasar spot. Investor institusional besar ini bisa membeli bitcoin kapan saja, tetapi likuiditas tetap menjadi kekurangan utama – bukan karena tidak adanya spot ETF.

Investor institusional yang menggunakan CME juga sangat canggih. Oleh karena itu, setiap manajer dana yang mengambil posisi dalam spot ETF BlackRock, misalnya, akan ingin melindungi posisi tersebut menggunakan futures di CME.

Dengan demikian, kita dapat mengharapkan aktivitas di CME tumbuh hampir seiring dengan pertumbuhan spot ETF. [RH]