ads

Bitcoin Stuck di Tengah Data PDB AS yang Meningkat

Bitcoin Stuck di Tengah Data PDB AS yang Meningkat
Bitcoin Stuck di Tengah Data PDB AS yang Meningkat

Bitcoin, kembali terhuyung-huyung dari resistensi setelah pembukaan Wall Street pada 29 November karena angka Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat melampaui ekspektasi.

Data dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView mengikuti retracement harga BTC yang akrab pada timeframe singkat.

Bullish Bitcoin berhasil mendorong pasar di atas $38.000 pada hari sebelumnya, namun akhirnya berputar-putar di sekitar level tersebut sebelum akhirnya turun ketika data makro AS dirilis.

Ini menunjukkan percepatan PDB kuartal ketiga melebihi perkiraan, mencapai 5,2% dibandingkan dengan 4,9%.

Hal ini memunculkan kekhawatiran kembali terkait dengan bagaimana Federal Reserve Amerika Serikat akan mengelola kebijakan menjelang keputusan suku bunga pada pertengahan Desember.

“5,2% adalah pembacaan terakhir, ini akan menandai pertumbuhan GDP tertinggi sejak kuartal keempat 2022,” tulis sumber komentar keuangan The Kobeissi Letter sebagai bagian dari reaksinya di X (dulunya Twitter).

“Apakah Fed dapat mencapai pendaratan lunak?”

Kobeissi mengacu pada kata-kata dari Bill Ackman, pendiri dan CEO serta pendiri dari hedge fund Pershing Square Capital Management, yang pada hari sebelumnya telah mengungkapkan prediksi mengenai perubahan suku bunga Fed secepat kuartal pertama, 2024.

Baca Juga : Bursa Berjangka Tetap Menjadi Pemain Kripto Terbaik Meski ETF Bitcoin Hadir

“Kemarin, Bill Ackman bertaruh pada pendaratan keras dengan pemotongan suku bunga dimulai pada kuartal pertama. Saat ini, pasar berjangka tidak melihat pemotongan suku bunga dimulai hingga Juni 2024,” lanjutnya.

Data dari Alat FedWatch Grup CME Group menunjukkan sedikit peningkatan taruhan untuk kenaikan lebih lanjut pada bulan Desember setelah rilis GDP, dengan data penting lainnya yang dijadwalkan pada 30 November. 

Peluang untuk kenaikan suku bunga berada pada 4,2% pada saat penulisan ini dibandingkan dengan sebelumnya hanya 0,5%. [RH]