ads

Bitcoin Menembus $41K Karena Harga Emas Mencapai Titik Tertinggi Sepanjang Masa

Bitcoin Menembus $41K Karena Harga Emas Mencapai Titik Tertinggi Sepanjang Masa
Bitcoin Menembus $41K Karena Harga Emas Mencapai Titik Tertinggi Sepanjang Masa

Harga emas telah melampaui rekor tertinggi baru, melewati level signifikan $2,100 selama sesi Asia pada hari Senin, 4 Desember. Sementara itu, harga Bitcoin juga melonjak di atas $41,000 untuk pertama kalinya dalam 19 bulan.

Harga Bitcoin Menembus $41.000

Bitcoin telah kembali dengan gemilang ke ambang $40,000, angka yang tak terlihat sejak puncak pada April 2022. Ini termasuk lonjakan cepat 2% dalam 24 jam, menandai puncak 19 bulan bagi mata uang kripto ini. Lebih jauh lagi, Bitcoin kini telah naik lebih dari 140% sejak awal tahun.

Insight dari Kepala Riset Matrixport, Markus Thielen, menunjukkan masa depan yang lebih cerah. Dengan tren historis dari siklus bullish pasca pasar bear dan acara pemotongan Bitcoin yang akan datang sebagai latar belakang, proyeksi menempatkan Bitcoin di atas $60,000 pada bulan April tahun depan dan bahkan mencapai $125,000 pada akhir 2024.

Prediksi semacam itu didasarkan pada pola historis kenaikan harga sebelum acara pemotongan, dengan lonjakan yang diharapkan mencapai lebih dari 200%.

Angin spekulasi semakin bertiup oleh kemungkinan persetujuan untuk sebuah dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot di Amerika Serikat.

Dengan 13 penawar, termasuk raksasa industri seperti BlackRock dan Grayscale, antisipasi memuncak menuju keputusan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Analis ETF Bloomberg melihat probabilitas tinggi untuk persetujuan bersamaan untuk semua penawaran yang tertunda pada 10 Januari, yang tidak hanya akan menandai era baru partisipasi dan investasi institusional dalam Bitcoin, tetapi juga kemungkinan meningkatkan harga BTC.

“Sangat mungkin kita berada di ambang ETF Bitcoin spot,” komentar analis Bitcoin Willy Woo tentang rekor baru dalam harga emas. “ETF komoditas pertama adalah SPDR Gold Trust. Ini memberikan cara sederhana bagi investor untuk mengakses emas dalam portofolio mereka.” ujar Woo.

Baca Juga : Grayscale Mantap, Percaya ETF Bitcoin Akan Disetujui

“Ketika diluncurkan, harga emas melonjak selama 8 tahun tanpa satu tahun pun mengalami penurunan antara tahun 2005 hingga 2012.” tambahnya.

Oleh karena itu, pergerakan terbaru Bitcoin di atas level psikologis $40,000 mencerminkan sentimen pasar bullish yang diperkuat oleh kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot pada Januari dan prospek kemajuan regulasi secara umum. 

Sementara itu, acara pemotongan Bitcoin hanya diharapkan memberikan angin sepoi-sepoi tambahan bagi harga BTC selama lima bulan mendatang. [RH]