ads

Bitcoin Adalah Aset Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola Dunia?

Bitcoin Adalah Aset Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola Dunia?
Bitcoin Adalah Aset Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola Dunia?

Dalam sebuah perdebatan terkini mengenai dampak lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) Bitcoin, Daniel Batten, seorang aktivis lingkungan terkemuka dalam komunitas mata uang kripto dan salah satu pendiri CH4 Capital, telah menyajikan argumen yang sangat menarik mengenai peran Bitcoin dalam konteks ESG. 

Melalui penggunaan empat grafik yang berbeda, Batten telah secara tegas menggarisbawahi berkelanjutan Bitcoin dibandingkan dengan sektor industri besar lainnya.

Dia dengan tegas menyatakan, “4 grafik, 4 tweet, 4 alasan mengapa Bitcoin adalah aset ESG utama.” Pertama-tama, Batten menyoroti dominasi Energi Terbarukan dalam industri penambangan Bitcoin. 

Menurutnya, Bitcoin saat ini merupakan satu-satunya industri global yang dapat dengan bangga disebut sebagai sumber energi yang paling berkelanjutan di seluruh dunia. 

Menurut data terbaru, sekitar 52,6% dari energi yang digunakan dalam proses penambangan Bitcoin berasal dari sumber energi terbarukan. 

Sebagai perbandingan, sektor perbankan hanya mencapai 39,2% dalam hal penggunaan energi terbarukan, sementara sektor industri sebesar 32,0%, pertanian sebesar 19,2%, dan industri emas serta industri besi & baja hanya mencapai 12,8% dan 9,8% masing-masing.

Baca Juga : Penutupan Pemerintah AS Takkan Melumpuhkan Upaya Kripto

Batten melanjutkan dengan grafik kedua yang menyoroti kemampuan Bitcoin untuk mempertahankan tingkat emisi yang konsisten di tengah pertumbuhan yang pesat. Selama empat tahun terakhir, tingkat hash jaringan Bitcoin melonjak tajam hingga 475%. 

Data ini mencerminkan kenyataan bahwa Bitcoin telah berhasil mempertahankan tingkat emisi yang relatif rendah meskipun pertumbuhannya yang sangat cepat, suatu pencapaian yang sulit ditemui dalam banyak sektor industri lainnya.

Argumen yang diajukan oleh Daniel Batten membawa perdebatan mengenai ESG Bitcoin ke tingkat baru. Dia telah membuktikan bahwa Bitcoin memiliki dasar yang kuat dalam hal berkelanjutan, terutama dalam penggunaan energi terbarukan dan pemeliharaan tingkat emisi yang rendah. 

Sebagai mata uang kripto yang terus berkembang, Bitcoin mungkin memiliki potensi untuk menjadi teladan bagi industri lain dalam upaya meningkatkan tanggung jawab lingkungan mereka. [RH]