ads

Apakah Nasib Harga Bitcoin Akan Seperti Emas ? Setelah Pengajuan ETF Bitcoin

Apakah Nasib Harga Bitcoin Akan Seperti Emas ? Setelah Pengajuan ETF Bitcoin
Apakah Nasib Harga Bitcoin Akan Seperti Emas ? Setelah Pengajuan ETF Bitcoin

Dalam laporan terbaru, firma perdagangan aset kripto berbasis di Singapura, QCP Capital, mengemukakan pertanyaan yang menarik perhatian: apakah pengajuan Bitcoin (ETF) dapat memicu manipulasi harga oleh institusi, serupa dengan yang terjadi di pasar emas?

Kekhawatiran ini muncul setelah beberapa waktu lalu pengajuan ETF spot Bitcoin oleh BlackRock dan institusi keuangan besar lainnya menciptakan euforia dan dampak yang signifikan di pasar Bitcoin.

Analis menganggap bahwa lembaga keuangan seperti BlackRock dan lainnya memiliki potensi untuk memengaruhi harga emas, mengingat keuntungan yang bisa mereka peroleh. Hal ini memunculkan keprihatinan yang serupa terkait pengajuan ETF Spot Bitcoin.

Laporan ini tidak hanya berdasar pada tuduhan tanpa bukti, karena manipulasi harga emas secara historis dan pengaruh yang diberikan oleh institusi terhadap pasar telah terjadi pada ETF emas dan saham pada tahun 2003 dan 2004.

Baca Juga :Harga Bitcoin Diprediksi Melonjak Menjadi $120.000 di 2025

Pasar emas juga telah dimanipulasi oleh aktor jahat dalam institusi selama bertahun-tahun, setelah ETF dan saham emas dirilis sejak 2003 dan 2004. tulis laporan QCP pada Senin (10/7/2023).

Laporan ini bahkan memberikan contoh konkret tentang manipulasi harga emas oleh institusi. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa mantan pedagang Deutsche Bank dihukum pada tahun 2020 karena upaya manipulasi harga emas dan perak antara tahun 2008 hingga 2013.

Selain itu, JP Morgan, yang dikenal sebagai “bos emas”, juga dihukum pada tahun lalu karena upaya manipulasi harga, dan spoofing dalam pasar berjangka logam mulia yang berlangsung selama delapan tahun.

Pertanyaan seputar integritas pasar dan perlindungan investor semakin muncul ketika melihat dampak yang dapat timbul dari aksi institusi dalam aset kripto yang terdesentralisasi seperti Bitcoin. [RH]