ads

Apakah Bitcoin Bisa diretas?

Apakah Bitcoin Bisa diretas?
Apakah Bitcoin Bisa diretas?

Bagi yang sudah mengenal Bitcoin, kita akan kilas balik terlebih dulu, pada tahun 2014, pertukaran Bitcoin Mt. Gox terkenal menjadi korban peretasan, di mana bitcoin senilai $460 juta dicuri. Kita tahu bahwa kejadian ini mengkhawatirkan.

Informasi lain juga, seorang peretas berhasil mencuri berbagai aset cryptocurrency senilai $600 juta dari proyek DeFi Poly Network. Meskipun sebagian besar dana telah dikembalikan, sulit untuk membayangkan kehilangan seluruh investasi dan keamanan Anda karena harus bergantung pada pertukaran yang kemudian diambil alih oleh para peretas jahat.

Dengan seringnya serangan peretasan dalam industri cryptocurrency, sangat penting untuk berhati-hati. Namun, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri dari risiko ini: simpan bitcoin Anda di luar pertukaran dan hindari bermain dengan altcoin tanpa riset yang mendalam.

Meskipun secara teknis jaringan Bitcoin dapat diretas dan dana dicuri langsung dari blockchain, hal itu tidak akan pernah terjadi dengan bitcoin (walaupun, hal itu dapat dan memang terjadi pada kripto lainnya). Secara khususnya, mengapa bitcoin secara khusus “tidak dapat diretas” dibandingkan dengan jaringan mata uang kripto lainnya (proyek DeFi/altcoin).

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Uang? Dari Batu Hingga Bitcoin

Serangan 51%

Keamanan jaringan Bitcoin sangat tergantung pada desentralisasi, dengan banyaknya peserta seperti penambang dan node yang online. Semakin banyak peserta, semakin sulit bagi entitas jahat untuk mengambil alih jaringan.

Serangan 51% adalah ancaman potensial terhadap jaringan blockchain. Jika seorang penambang menguasai lebih dari 50% kekuatan jaringan, mereka dapat menciptakan salinan palsu dari kriptocurrency yang ada, menggelembungkan pasokan dan merusak nilai mata uang.

Namun, serangan 51% terhadap jaringan Bitcoin sangat sulit dilakukan karena membutuhkan daya yang sangat besar dan biaya yang tidak masuk akal bagi penyerang. Algoritma bukti kerja Bitcoin memerlukan sumber daya yang signifikan, sehingga tidak ekonomis bagi peretas.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Melindungi Bitcoin Anda?

Untuk saat ini, teruslah jalankan praktik keamanan internet terbaik Anda, seperti menggunakan pembuat kata sandi dan mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk akun pertukaran crypto Anda. 

Mengelola hak asuh diri (self-custody) tidak mudah bagi banyak orang. Industri perlu terus meningkatkan pengalaman pengguna dengan dompet Bitcoin dan menegaskan tanggung jawab bursa dalam melindungi dana pengguna yang belum siap untuk self-custody.

Memiliki kendali penuh atas Bitcoin adalah tujuan akhir pengguna, namun penting untuk melakukan riset sebelumnya.

Sumber : bitcoinmagazine.com