ads

15 Tahun Lalu Lehman Brothers Runtuh, Picu Krisis 2008

15 Tahun Lalu Lehman Brothers Runtuh, Picu Krisis 2008
15 Tahun Lalu Lehman Brothers Runtuh, Picu Krisis 2008

Pada tanggal 15 September 2023, tepat 15 tahun yang lalu, Lehman Brothers, perusahaan manajemen aset raksasa dengan nilai mencapai $680 miliar, menghadapi kebangkrutan yang menggetarkan dunia. Peristiwa ini memicu awal dari krisis keuangan global pada tahun 2008 yang merambah ke Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Dilansir dari WatcherGuru, kebangkrutan Lehman Brothers tetap menjadi yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat hingga saat ini. Itu juga menjadi simbol dari keruntuhan ekonomi yang mengikuti. Dengan utang mencapai $613 miliar, peristiwa ini memicu resesi yang merusak ekonomi negara tersebut.

Hingga sekarang, setiap kerentanan ekonomi selalu dibandingkan dengan tahun 2008. Resesi yang dipicu oleh krisis keuangan AS tetap menjadi kenangan pahit dan pelajaran berharga bagi banyak orang. Kejadian penting ini, yang terjadi pada hari ini 15 tahun yang lalu, mengingatkan kita akan pentingnya menjaga stabilitas ekonomi dan menghindari kesalahan masa lalu.

Lehman Brothers yang saat itu memiliki utang lebih dari $600 miliar, setelah kebangkrutannya, mengakibatkan ribuan pekerja kehilangan pekerjaan dan ekonomi mengalami goncangan. Kejatuhan ini juga terkait dengan masalah hipotek berisiko yang menjadi akar dari krisis keuangan. Kehilangan kemampuan membayar hipotek oleh pemilik rumah memicu gelombang gagal bayar pinjaman dan krisis pasar perumahan yang merambat ke seluruh dunia.

Baca Juga : Bitcoin Melonjak Berdasarkan Sinyal Bank Sentral Eropa

Meskipun sudah lebih dari satu dekade berlalu, peristiwa ini tetap menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan ekonomi Amerika Serikat. Ini juga menjadi pendorong perubahan signifikan dalam perekonomian global. Di tengah kondisi pasar kerja yang rapuh dan ketidakstabilan finansial yang masih terasa, sektor ini telah mengalami transformasi yang mendalam.

Namun, di balik semua kekacauan itu, lahirnya aset digital telah menjadi salah satu dampak positif. Hal ini memperingatkan kita untuk selalu belajar dari kegagalan masa lalu yang memicu krisis keuangan dan krisis perumahan pada tahun 2008, dan selalu berusaha untuk menciptakan sistem ekonomi yang lebih tangguh dan berkelanjutan.